Rabu, 28 Maret 2012

Artikel Kimia

Artikel Kimia


10 Fakta tentang Nitrogen (N)

Posted: 28 Mar 2012 05:51 AM PDT

10 Fakta tentang Nitrogen (N)

Kita menghirup oksigen, namun udara kebanyakan terdiri dari nitrogen. Kita perlu nitrogen untuk hidup dan mendapatinya dalam makanan yang anda makan dan bahan kimia yang umum. Berikut adalah beberapa fakta singkat tentang unsur nitrogen. Kita dapat menemukan informasi lengkap tentang nitrogen pada halaman fakta nitrogen di chemistry.about.com.

  1. Nitrogen tidak berbau, berasa, dan tidak berwarna.
  2. Gas Nitrogen (N2) mengisi 78,1% dari volume udara di bumi.
  3. Nitrogen adalah bukan logam.
  4. Gas Nitrogen relatif inert, tetapi bakteri tanah dapat 'memperbaiki' nitrogen ke dalam bentuk yang tanaman dan hewan dapat gunakan untuk membuat asam amino dan protein.
  5. Ahli kimia Perancis Antoine Laurent Lavoisier menamai nitrogen azote (zat pelemas), artinya tanpa kehidupan.
  6. Nitrogen kadang-kadang disebut udara 'terbakar' atau 'dephlogisticated' udara, karena udara yang tidak lagi mengandung oksigen hampir semuanya adalah nitrogen saja. Gas di udara yang lain ada dalam konsentrasi yang lebih rendah.
  7. Senyawa nitrogen ditemukan dalam makanan, pupuk, racun, dan bahan peledak. Tubuh kita mengandung nitrogen sebanyak 3% berat dari berat badan.
  8. Nitrogen menentukan atas warna-warna auorora, oranye-merah, biru-hijau, biru-violet, dan warna ungu.
  9. Salah satu cara untuk mempersiapkan/membuat gas nitrogen adalah dengan pencairan dan distilasi fraksional dari atmosfir.
  10. Nitrogen memiliki valensi 3 atau 5.

Kimia dari About dot com

http://urip.wordpress.com

10 Fakta tentang Nitrogen (N)

10 Fakta Tentang Unsur Kalsium (Ca)

Posted: 27 Mar 2012 08:30 PM PDT

10 Fakta Tentang Unsur Kalsium (Ca)

Kalsium adalah salah satu unsur yang Anda butuhkan untuk hidup, jadi ada baiknya mengetahui sedikit tentang hal itu.Berikut adalah beberapa fakta singkat tentang elemen kalsium.Anda dapat menemukan fakta-fakta lebih banyak kalsium pada halaman fakta kalsium di chemistry.about.com.

  1. Kalsium tidak ditemukan bebas di alam, tetapi dapat dimurnikan menjadi logam alkali tanah yang putih lembut  keperakan.
  2. Kalsium adalah unsur ke-5 yang paling melimpah di kerak bumi, keberadaannya dilautan dan tanah sekitar 3%.
    Unsur ini penting untuk hewan (juga manusia tentunya) dan nutrisi tanaman.
  3. Kalsium berperan dalam reaksi biokimia, termasuk membangun sistem rangka dan otot.
    Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium oleh tubuh manusia. Vitamin D diubah menjadi hormon yang menyebabkan protein usus yang bertanggung jawab untuk penyerapan kalsium untuk diproduksi.
  4. Kalsium dan senyawanya dianggap tidak beracun, terlalu banyak menelan kalsium karbonat sebagai suplemen diet atau antasida dapat menyebabkan "milk-alkali syndrome", yang berhubungan dengan hypercalcemia yang kadang-kadang menyebabkan kegagalan fatal ginjal.
  5. Konsumsi berlebihan untuk karbonat kalsium adalah 10 g/hari, meskipun gejala nya telah dilaporkan pada saat menelan sedikitnya 2,5 g kalsium karbonat setiap hari. Jadi jangan terlalu banyak mengosumsinya yah.
  6. Kalsium digunakan untuk pembuatan semen, pembuatan keju, mengeluarkan kotoran non-logam dari paduan, dan sebagai agen pereduksi dalam preparasi logam lainnya.
  7. Logam kalsium murni bereaksi hebat dengan air dan asam.
  8. Nama elemen "kalsium" berasal dari "calcis" bahasa Latin yang berarti "kapur".
  9. Kalsium sudah dikenal sejak abad ke-1, ketika Roma kuno mengenalnya untuk membuat kapur dari oksida kalsium.
  10. Meskipun kalsium telah dikenal selama ribuan tahun, tidak dimurnikan sebagai unsur sampai tahun 1808 oleh Sir Humphrey Davy (Inggris).

sumber: urip.wordpress.com

10 Fakta Tentang Unsur Kalsium (Ca)

Sebelas Fakta tentang Uranium

Posted: 27 Mar 2012 02:25 PM PDT

Sebelas Fakta tentang Uranium

Unsur uranium merupakan salah satu unsur radioaktif. Kita dapat menemukan informasi rinci tentang uranium dengan mengunjungi halaman fakta tentang uranium.

Berikut adalah sebelas fakta uranium.

  1. uranium murni adalah logam yang berwarna putih keperakan.
  2. Nomor atom uranium adalah 92, berarti atom uranium memiliki 92 proton dengan 92 elektron ketika tidak menjadi ion.
  3. Isotop uranium tergantung pada beberapa neutron yang dimilikinya.
  4. Karena uranium radioaktif dan selalu meluruh, radium selalu ditemukan dengan bijih uranium.
  5. uranium sedikit bersifat paramagnetik.
  6. uranium adalah nama untuk planet Uranus.
  7. uranium digunakan untuk bahan bakar pembangkit listrik tenaga nuklir. Satu kilogram uranium-235 secara teoritis bisa menghasilkan ~ 80 terajoule (8 x 1010 kilojoule) energi, yang setara dengan energi yang bisa dihasilkan oleh 3000 ton batubara. Mungkin karena alasan inilah beberapa negara memaksakan diri untuk membuat pembangkit listrik tenaga nuklir yang beresiko jika terjadi kecelakaan seperti yang dialami Jepang baru-baru ini.
  8. Bijih uranium alami telah diketahui dapat mengalami reaksi fisi secara spontan.The Oklo Fossil Reactors of Gabon, Afrika Barat, memiliki 15 reaktor nuklir fisi alam kuno yang tidak aktif. Bijih alam kembali terdi-fissioned di zaman prasejarah ketika 3% dari uranium alam ada sebagai uranium-235, yang merupakan persentase cukup tinggi untuk mendukung reaksi fisi inti berantai yang berkelanjutan.
  9. Kepadatan uranium sekitar 70% lebih tinggi dari timbal, tapi lebih rendah dari emas atau tungsten, meskipun uranium memiliki berat atom kedua tertinggi dari unsur-unsur alami (kedua setalah plutonium-244).
    uranium biasanya memiliki valensi baik 4 atau 6.
  10. Efek kesehatan uranium biasanya tidak berkaitan dengan radioaktivitasnya, karena partikel alpha yang dipancarkan oleh uranium tidak bisa menembus kulit. Sebaliknya, dampak kesehatan itu terkait dengan toksisitas uranium dan senyawanya. Menelan senyawa uranium heksavalen dapat menyebabkan cacat lahir dan merusak sistem kekebalan tubuh.
  11. Bubuk halus uranium yang terurai bersifat piroforik, artinya ia akan menyala secara spontan pada suhu kamar.

sumber:urip.wordpress.com

Sebelas Fakta tentang Uranium

Tidak ada komentar:

Posting Komentar