Selasa, 27 Maret 2012

Artikel Kimia

Artikel Kimia


Mungkinkah pH Larutan Negatif?

Posted: 27 Mar 2012 06:23 AM PDT

Mungkinkah pH Larutan Negatif?

Mungkinkah pH larutan negatif? Jawaban singkatnya, MUNGKIN!

pH Metter

Kenapa tidak mungkin, hitungan secara teoritis ini sangat mungkin kok!. Ini hanya terjadi pada asam kuat dengan konsentrasi yang lebih dari 1 M. Kita bisa periksa menggunakan rumus pH = -log [H+], misalnya larutan HCl 10M maka kalkulasinya menghasilkan nilai -1. Jadi ini mungkin banget kan?!

Tetapi adakah alat (pH meter) yang sanggup mengukur nilai sampai pH -1? Ini lain lagi masalahnya.

Dalam literatur dinyatakan rentang pH itu antara 0 – 14. Itu saja dibatasi kalau larutannya encer (tidak lebih dari 1 M). Pada alat ukur derajat keasaman ini bekerja dengan menggunakan larutan pembanding tertentu. Atau dengan kata lain alat tersebut perlu dikalibrasi terlebih dahulu sebelum digunakan. Jadi pH juga berharga relatif, belum lagi diukur pada kondisi bagaimana, misal pada suhu berapa derajat atau tekanan berapa atm.

Jadi setiap asam yang menghasilkan konsentrasi ion hidrogen dengan molaritas lebih besar dari 1 yang dihitung memiliki pH negatif. Misalnya, pH HCl 12M dihitung menjadi -log (12) = -1,08. Namun, Anda tidak bisa hanya mencelupkan elektroda pH kaca dalam HCl dan mengukur pH negatif. pH elektroda gelas mengalami defek (catat) yang disebut 'acid error' yang menyebabkan ia mengukur pH lebih tinggi dari pH nyata. Hal ini sangat sulit untuk diterapkan koreksi untuk cacat ini untuk mendapatkan nilai pH benar.

Juga, asam kuat konsentrasi tinggi tidak sepenuhnya terurai dalam larutannya . Dalam kasus HCl, beberapa hidrogen akan tetap terikat dengan klorin, sehingga dalam hal ini pH nyata akan lebih tinggi daripada pH yang dihitung dari molaritas asam.

Keadaan yang lebih rumit jika aktivitas atau konsentrasi efektif ion-ion hidrogen dalam asam kuat pekat yang lebih tinggi dari konsentrasi yang sebenarnya. Hal ini karena ada begitu sedikitnya air sebagai pelarut per unit asam. Sementara pH umumnya dihitung sebagai -log [H +](negatif logaritma dari molaritas ion hidrogen), akan lebih akurat untuk menulis pH = – log aH+ (pH = negatif logaritma dari aktivitas ion hidrogen). Pengaruh aktivitas ion hidrogen ini sangat kuat, dan membuat pH jauh lebih rendah daripada yang kita harapkan dari molaritas asam.

Jadi … Anda tidak dapat mengukur pH yang sangat rendah secara akurat dengan pH elektroda kaca dan sulit untuk mengatakan apakah pH itu ditentukan oleh peningkatan aktivitas ion hidrogen lebih dari yang disebabkan oleh terurainya asam secara tidak sempurna. pH negatif adalah mungkin, tetapi bukan sesuatu yang bisa ditunjukkan secara nyata.

sumber: urip.wordpress.com

Mungkinkah pH Larutan Negatif?

Senyawa Asam Okso (Oxoacid)

Posted: 27 Mar 2012 12:20 AM PDT

Senyawa Asam Okso (Oxoacid)

Asam okso adalah asam yang mengandung satu atom hidrogen yang terikat pada satu atom oksigen. Asam ini terurai dalam air dengan memutuskan ikatan hidrogen-oksigen tersebut dan membentuk ion-ion hidronium (H3O+) dan anion poliatomik. Berikut ini daftar tabel asam okso dan anionnya.

 

Asam okso Rumus kimia Anion Rumus Kimia Anion
asam asetat CH3COOH asetat CH3COO-
asam karbonat H2CO3 karbonat CO32-
asam klorat HClO3 klorat ClO3=
asam klorit HClO2 klorit ClO2-
asam hipoklorit HClO hipoklorit ClO-
asam iodat HIO3 iodat IO3-
asam nitrat HNO3 nitrat NO3-
asam nitrit HNO2 nitrit NO2-
asam perklorat HClO4 perklorat ClO4-
asam fosfat H3PO4 fosfat PO43-
asam fosfit H3PO3 fosfit PO33-
asam sulfat H2SO4 sulfat SO42-
asam sulfit H2SO3 sulfit SO32-

Beberapa asam-asam okso tersebut merupakan asam kuat. Misalnya HClO3 , HClO4, HBrO3,HBrO4, HIO3, HIO4, H2SO4, HNO3.

sumber: urip.wordpress.com

Senyawa Asam Okso (Oxoacid)

Avogadro, Software Kimia Gratis untuk Edit Molekul

Posted: 26 Mar 2012 06:16 PM PDT

Avogadro, Software Kimia Gratis untuk Edit Molekul

Avogadro adalah software kimia gratis, open source, tersedia dalam berbagai paltform sistem operasi merupakan editor molekul yang dirancang untuk digunakan secara fleksibel dalam kimia komputasi, pemodelan molekul, bioinformatika, ilmu material, dan bidang terkait lainnya. Avogadro yang tersedia dapat dijalankan pada sistem Windows, Linux, dan Mac OS X. Kode sumber sumber tersedia di bawah GPL GNU. Menurut saya aplikasi ini sangat bagus dengan kelebihan ukuran filenya sangat kecil (tidak lebih dari 10 MB). Tampilan yang bagus dan sudah bisa dihandle oleh perangkat keras kebanyakan sekarang.

Apa yang dapat dilakukan Avogadro?

  • Dapat melakukan pengunduhan secara langsung dari PDB (protein data bank) atau PubChem (database dari molekul kimia dan aktivitasnya terhadap uji biologis)
  • Inovatif "auto-optimation", alat yang memungkinkan Anda untuk terus membangun dan memodifikasi, selama optimasi mekanika molekular.
  • Antarmuka untuk banyak paket komputasi umum.
  • Plugin yang memungkinkan Avogadro untuk diperpanjang dan disesuaikan.
  • Embedded interpreter Python.
  • Terjemahan tersedia dalam 19 bahasa lebih, termasuk antar muka juga sudah bisa berbahasa Indonesia, tersisa hanya beberapa bagian saja yang belum dialihbahasakan.
  • Cross-Platform: Molekul pembangun / editor untuk Windows, Linux, dan Mac OS X.
  • Intuitif: Dibangun untuk dapat digunakan dengan mudah bagi mahasiswa dan peneliti lebioh lanjut.
  • Cepat: Mendukung multi-threaded rendering dan komputasi.
  • Extensible: Plugin arsitektur bagi pengembang, termasuk rendering, tool interaktif, perintah, dan skrip Python.
  • Fleksibel: Fitur OpenBable yang dapat digunakan untuk impor file-file kimia lain, input untuk beberapa paket kimia komputasi, kristalografi, dan biomolekul.

Sumber untuk men-download silahkan klik di sini.
Tutorialnya dapat dilihat atau diunduh dari sini. Ada juga tutorial dalam bentuk videonya, silahkan kunjungi http://avogadro.openmolecules.net/wiki/Tutorials

Avogadro, Software Kimia Gratis untuk Edit Molekul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar