Senin, 26 Maret 2012

Artikel Kimia

Artikel Kimia


Spartan 10, Software Kimia Komputasi

Posted: 26 Mar 2012 06:14 AM PDT

Spartan 10, Software Kimia Komputasi

Softaware kimia komputasi sangat banyak macam dan kegunaannya. Selama ini saya hanya menggunakan sebatas untuk pengajaran saya di kelas. Yang paling sering adalah untuk mengambar stuktur senyawa untuk memberikan gambaran sedikit lebih nyata dibandingkan hanya berbicara atau sambil mengimajinasikan di otak saja. Siswa yang belum menemukan bayangan imaginasinya tentu akan kesulitan memahami konsep kimia yang saya ajarkan.

Tujuan utama berbagai software kimia komputasi adalah untuk melakukan penelitian terkait kimia teori yang menunjang kimia eksperimen. Hanya saja untuk mendapatkannya harus membayar lisensi yang terbilang tidak murah. Kalau menggunakan software yang bajakan tentu hal ini melanggar etika dan bisa saja dikenai sangsi. Meskipun demikian kalau untuk pembelajaran sering kali kita masih bisa memanfaatkannya dengan berbagai keterbatasan.

Seolah berlomba melakukan revisi, modifikasi, serta peningkatan kemampuan dan daya dukung dengan berbagai perangkat keras untuk memenuhi tuntutan akurasi dan kekomplekan komputasi dalam sistem kimia. Seperti pada Spartan 10 ini. Kita bisa melihat fiturnya antara lain Spartan 10 memberikan dorongan kinerja dan banyak fitur baru dengan tetap menjaga kemudahan penggunaan Spartan yang tak tertandingi. Spartan memfasilitasi berbagai tugas kimia komputasi, termasuk  pencarian konformasi, struktur, energi, sifat spektrum, dan mengukur kesamaan molekul 3-D.

Selengkapnya fitur Spartan 10:

  • Peningkatan Kinerja – Spartan'10 mendukung chipset I7 baru dari Intel, dalam praktek ini akan memperluas fungsi paralel dengan core memory 8-shared, secara signifikan ini meningkatkan fungsionalitas Paralel Spartan.
  • Tampilan diagram Energi Orbital
  •  potensial permukaan hidrida untuk menjelajahi selektivitas nukleofilik
  • Extension of T1 thermochemical recipe untuk silikon dan fosfor
  • Fitur Permukaan clipping memungkinkan visualisasi dalam model grafis terhitung
  • Peningkatan struktur database dan pilihan pencarian reaksi
  • Peningkatan kemampuan pencarian spektrum inframerah
  • Tutorial, masalah, dan Wikipedia dapat diakses dari dalam Spartan
  • Sifat molekul dan atom yang diperluas dan deskriptor HKSA (Hubungan kuantitatif struktur-aktivitas)
  • Perhitungan dan tampilan spektrum Raman
  • Pilihan tampilan spektrum NMR termasuk DEPT, HSQC, dan HMBC
  • Peningkatan akurasi pergeseran kimia 13C NMR
  • Data mining, analisis statistik dan plotting
  • Akses ke Sparta Spectra dan  Database sifat spektra IR dan NMR, sifat molekul dan atom dan deskriptor HKSA
  • Tab berbasis visualisasi pilihan untuk membuka file yang beragam; kustomisasi Toolbar  untuk ikon
  • Pengimplementasian Paralel frekuensi HF (Hartree Fock) dan DFT (density functional theory) dan metode RI-MP2
  • Pengimplementasian penuh untuk sistem komputer 64 bit.

Hehehe jadi ingat waktu menjalankan aplikasi berbasis sistem 32 bit dengan RAM yang seharusnya 4 GB kok terdeteksi hanya 3,2 GB, lah yah jelas karena sistem 32 bit tidak support kapasitas rak segitu.

Dari web penyedia software Spartan ini kita juga bisa mengunduh buku gratis tentang kimia komputasi, A Guide to Molecular Mechanics and Quantum Chemical Calculations  by: W.J. Hehre. Buku ini berjumlah 812 halaman yang kalau beli buku aslinya seharaga $ 75.

Versi demo-nya bisa di download dari sini. Isikan form yang tersedia untuk mengunduhnya.

Spartan 10, Software Kimia Komputasi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Software Gratis tentang Larutan Buffer

Posted: 25 Mar 2012 09:10 PM PDT

Software Gratis tentang Larutan Buffer

Membuat aplikasi kecil bukanlah pekerjaan mudah bagi orang awam. Meskipun ia membidangi keilmuannya tapi kalau tidak getol mengutik-atik aplikasi komputer tidak bakalan sanggup membuatnya. Barusan saya mendapati aplikasi Buffer V 1.0. sudah lama di harddiks. Belum sempat mengeskplore kemampuan aplikasi tersebut. Sederhana banget, kalau tak dibilang hanya kumpulan koleksi data yang kemudian juga ditautkan ke url tertentu. Jadi pingin membuat aplikasi sendiri kalau gitu. Pingin doang moh belajar, jadi sama dengan orang yang mau bisa nulis tapi ingin doang, mulai aja tidak.

Diperkuliahan memang tidak diberikan secara detil tentang larutan buffer itu, apalagi di kimia sma. Dengan banyaknya referensi online yang valid guru dan siswa dengan mudah mendapatkannya. Seperti tautan pada aplikasi Buffer V 1.0 tadi. Jika merujuk ke sana kita bisa mengeksplor lebih banyak tentang larutan buffer. Mana zat yang sesuai sebagai indikator ketika berkaitan dengan larutan buffer. Aplikasi ini sangat bagus dan dapat dijadikan tambahan pengetahuan bagi siswa sma dari tautan tersebut bisa dipelajari tentang bagaimana sifat larutan buffer, bagaimana cara membuat larutan buffer, juga ada kalkulator khusus perhitungan pH larutan tersebut. Sayangnya semua itu harus terhubung internet.

Dari aplikasi tersebut dengan menentukan pH yang akan dijadikan patokan sebagai larutan buffer, kemudian klik Calculate maka akan ditunjukkan bagaimana cara memmbuat pH buffer dengan pH yang telah ditentukan tadi dan juga ditunjukkan pilihan indikator pH yang cocok untuk derajat keasaman tadi.

Untuk sekedar menjelajah tentang bagaimana membuat larutan buffer tautan dari aplikasi tersebut saya letakkan di bawah ini. Harapannya kita langsung bisa menuju apa yang dimau dari aplikasi ini, agar kita mengerti tentang seluk beluk larutan buffer.

Berminat mendownloadnya? Klik saja di sini untuk download. Ukuran filenya hanya 192 KB. Silahkan ekstrak, buka foldernya, dan klik aplikasi tersebut (berekstensi exe) tidak perlu diinstall.

Sumber: urip.wordpress.com

Software Gratis tentang Larutan Buffer

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belajar Kimia dari Iannone’s Chemistry Page

Posted: 25 Mar 2012 03:08 PM PDT

Belajar Kimia dari Iannone's Chemistry Page

Sebagai tambahan referensi sumber belajar kimia untuk siswa sma atau tambahan bahan pembelajaran bagi guru silahkan mengunjungi web Iannone's Chemistry Page. Dari sana kita bisa mempelajari materi kimia untuk sma. Materinya kita tinggal sesuaikan saja dengan kurikulum yang kita pakai sekarang. Karena koneksi internet saya kurang begitu memadai jika digunakan saat pembelajaran, maka saya mengunduh secara utuh isi web tersebut agar saya bisa menggunakannya secara off line.

Saya berniat berbagi, tapi sayang ukuran filenya (1 web) cukup besar. Bagi siswa saya (MAN Pangkalan Bun) jika memerlukan bisa mengkopi lewat saya, siapkan flasdish dengan sisa ruang minimal 220 MB. Bagi yang jauh sebaiknya mendownload sendiri dengan menggunakan aplikasi httrack yang gratis untuk mendownload seluruh isi web tersebut. Tutorialnya pernah saya tulis di sini. Atau bisa juga mendowload file presentasinya saja, meskipun kalau menurut saya kita harus memperbaikinya agar lebih menarik.

Sedikit review tentang isi web tersebut, menurut saya web tersebut sangat bagus untuk siswa. Materi-nya disajikan dengan pembahasan simpel namun sangat mengena dengan tujuan pembelajarannya. Selain itu juga disediakan slide powerpint, lembar kerja, dan juga quiz beserta jawabannya.

Berikut screenshoot dari sebagian materi yang tersaji di sana.

Jadi pingin juga membuat hal serupa. Dapat inspirasi baru dari hasil jelajah pagi ini.

Oh yah materi yang tersaji dalam web tersebut adalah materi kimia untuk kelas 11 dan 12 (tapi kelasnya beda dengan sistem di Indonesia loh). Kelas 11 dan 12 itu adalah senior high school (sederajat dengan sma). sementara junior high school-nya itu kelas 7,8,9,10 ini setara dengan smp. Tapi soal kedalaman materinya sepertinya pelajaran kimia di Indonesia masih kalah. Tapi tak apalah yang penting kita bisa memanfaatkan sumber tadi.

Sumber: urip.wordpress.com

Belajar Kimia dari Iannone's Chemistry Page

Tidak ada komentar:

Posting Komentar