Minggu, 04 Maret 2012

Artikel Kimia

Artikel Kimia


Media Inokulum Fermentasi Antibiotik

Posted: 04 Mar 2012 02:05 AM PST

Untuk fermentasi antibiotik pada umumnya media inokulum berbeda dengan media fermentasi walaupun untuk beberapa fermentasi mempunyai komposisi media sama. Perbedaan ini disebabkan fungsi kedua media juga berbeda, media inokulum menyediakan nutrien supaya sel mikroba tumbuh dengan cepat, sedangkan media fermentasi terutama untuk menghasilkan produk yang dikehendaki. Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan komponen media untuk biosintesis produk adalah faktor adaptasi mikroba. Pemindahan dari media inokulum ke media fermentasi jangan sampai menyebabkan deadaptasi. Peranan media inokulum tidak kalah pentingnya dibanding media fermentasi, sehingga perlu diperhatikan komposisinya. Selain itu jumlah inokulum juga sangat. mempengaruhi biosintesis produk dalam media fermentasi. Jumlah inokulum yang dimasukkan ke media fermentasi biasanya berkisar antara 0,5 ­ 5%, tetapi untuk fermentasi tertentu jumlah inokulum mencapai 20% atau lebih.

Cara Membuat Baja Paduan Potong

Posted: 03 Mar 2012 02:05 PM PST

Paduan potong digunakan untuk alat-alat potong yang beroperasi sampai suhu 1000-1100°C. tidak dapat dimesin secara biasa.

Diproduksi dangan dua cara :

  • casting cutting alloys atau stellites, terdiri dari sejumlah besar cobalt dan wolfram, memiliki kekerasan (HRc= 60-65) dan mencair pada suhu tinggi. Batang-batang tuangan paduan inidengan ketebalan 5-10mm digunakan untuk memperkeraspermukaan dengan disambung pada ujung alat-alat potong untuk meningkatkan umur (lama pemakaian).
  • cemented carbides, dibuat dari campuran powder (serbuk)wolfram dan titanium carbide dan cobalt yang disatukan secara proses powsere metallurgy. Kekerasannya mencapai lebih dari 85 HRc, dan tetap keras hingga suhu 1000°C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar