Sabtu, 03 Maret 2012

Artikel Kimia

Artikel Kimia


Bijih Magnesium

Posted: 03 Mar 2012 02:05 AM PST

Magnesium tergolong logam ringan, dan tahan terhadap karat berkat lapisan oksida magnesium.

Magnesium alloy dapat di tuang pada cetakan pasir dan juga dapat dilas dan di mesin.

Bijih magnesium yang banyak kita kenal adalah Magnesit/ Magnesium karbonat) MgCO3, Dolomite CaCO3, MgCO3, carolite MgCl2KCl6 H2O.

Tekanan Osmosis

Posted: 02 Mar 2012 08:04 PM PST

Tekanan Osmosis

Suatu membran (selaput) yang memungkinkan lewatnya hanya jenis-jenis tertentu molekul disebut membran semipermeabel. Perhatikan dua larutan yang dipisahkan oleh suatu membran semipermeabel, yang hanya dapat ditembus oleh molekul air. Air akan menembus selaput itu dari larutan encer ke larutan pekat dengan lebih cepat daripada larutan sebaliknya. Aliran zat cair ini, yang cenderung menyamakan konsentrasi air pada kedua belah pihak dari selaput disebut osmosis. Osmosis dapat dibayangkan sebagai akibat dari tekanan air yang tak sama pada kedua sisi membran. Terdapat hubungan langsung antara tekanan uap larutan dan osmosis (Keenan dkk., 1984).

Tekanan osmosis didefinisikan sebagai tekanan yang harus digunakan kepada suatu larutan untuk menghindari transfer netto apapun dari pelarut murni (pada tekanan 1 atm) ke dalam larutan itu lewat suatu membran semipermeabel (Keenan dkk., 1984).

Lewatnya pelarut melalui membran semipermeabel yang memisahkan dua larutan dengan konsentrasi berbeda. Membran semipermeabel adalah membrane yang dapat dilewati molekul pelarut tetapi tidak dapat dilewati oleh kebanyakan zat terlarut. Ada kecenderungan termodinamika untuk dua larutan yang dipisahkan oleh membran seperti itu untuk menyamakan konsentrasinya; air (atau pelarut lain) mengalir dari larutan encer ke larutan pekat. Osmosis akan berhenti bila kedua larutan mencapai konsentrasi yang sama, dan dapat pula dihentikan bila kepada larutan yang pekat diberi tekanan. Tekanan yang diperlukan untuk menghentikan aliran dari pelarut murni ke dalam larutan adalah cirri dari larutan itu; ini dinamakan tekanan osmosis (lambang π). Tekanan osmosis hanya bergantung pada konsentrasi partikel dalam larutan, bukan pada sifatnya (maksudnya sifat koligatif). Untuk larutan dengan n mol dalam volume V pada suhu termodinamika T, maka tekanan osmosisnya ialah πV = nRT.

Tekanan Osmosis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar