Kamis, 17 Mei 2012

Artikel Kimia

Artikel Kimia


Biosintesa Glikosida Steroid (Jantung)

Posted: 16 May 2012 11:05 PM PDT

Aglikon dari glikosida jantung adalah steroid yaitu turunan dari siklo-pentenofenantren yang mengandung lingkaran lakton yang tidak jenuh pada atom C-17.

Seperti sudah kita ketahui biosintesis senyawa steroid pada umumnya didasarkan atas biosintesa dari senyawa kolesterol. Meskipun tidak semua senyawa steroid memerlukan kolesterol sebagai prekursor (pra zat) pembentukannya, paling tidak pembentukan kolesterol ini dianggap sebagai mekanisme biosintesa senyawa steroid pada umumnya.

Secara singkat proses biosintesanya adalah asam asetat -> asam mevalonat -> isopentenil pirofosfat -> squalen -> kholesterol.

Teknik Untuk Mengisolasi DNA

Posted: 16 May 2012 11:05 AM PDT

Isolasi DNA diawali dgn perusakan & atau pembuangan dinding sel.

Pembuangan dinding sel DNA dpat dilakukan baik dgan cara mekanis seperti sonikasi, tekanan tinggi, beku-leleh maupun dgn cara enzimatis seperti pemberian lisozim.

Langkah-langkah Isolasi DNA

Langkah berikutnya adalah lisis sel. Bahan-bahan sel yg relatif lunak dpat dengan mudah diresuspensi di dlam medium bufer nonosmotik, sedangkan bahan-bahan yg lebih kasar perlu diperlakukan dngan deterjen yg kuat seperti triton X-100 atau dngan sodium dodesil sulfat (SDS). Pada eukariot langkah ini harus disertai dgn perusakan membran nukleus.

Setelah sel mengalami lisis, remukan-remukan sel harus dibuang. Biasanya pembuangan remukan sel dilakukan dengan sentrifugasi. Protein yg tersisa dipresipitasi m’ggunakan fenol atau pelarut organik seperti kloroform untuk kemudian disentrifugasi & dihancurkan secara enzimatis dgn proteinase. DNA yg telah dibersihkan dari protein dn remukan sel masih tercampur dgn RNA sehingga perlu ditambahkan RNAse utk membersihkan DNA dari RNA. Molekul DNA yang telah diisolasi tersebut kemudian dimurnikan dgn penambahan amonium asetat dan alkohol atau dengan sentrifugasi kerapatan menggunakan CsCl (Haryono, 2008).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar