Senin, 28 November 2011

Artikel Kimia

Artikel Kimia


Teflon (Poll Tetra Flour Etilen, PTFE)

Posted: 28 Nov 2011 11:01 AM PST

Teflon adalah bahan sintetik yang sangat kuat, umumnya berwama putih. Teflon tahan terhadap panas sampai kira-kira 250°C. Di atas 250°C teflon mulai melunak, di dalam api akan meleleh dan sulit menjadi arang. Berat jenisnya kira-kira 2,2 g/cmI. Teflon tidak tahan terhadap larutan alkali hidroksida. Juga kurang tahan terhadap hidrokarbon yang mengandung khlor.

Manfaat Teflon

Teflon digunakan sebagai bahan penyekat, misalnya untuk kotak penyekat (stuffing box), cincin geser (sifat geseran dapat diperbaiki dengan Bagian-Bagian alat dari teflon menambahkan graft ke dalamnya). Digunakan juga untuk cincin 0 atau 0-ring, untuk gasket konsentrik dengan diberi bahan lunak (sebab teflon tidak begitu elastis), alat-alat yang kecil, pipa, slang selubung pipa. Teflon dapat dipintal menjadi benang dan kemudian ditemm. Temman dari teflon merupakan bahan untuk filter yang sangat kuat.

Poli Vinil Khlorida (PVC)

Posted: 28 Nov 2011 07:18 AM PST

Poli vinil khlorida lebih keras dan lebih rapuh bila dibandingkan dengan poli etilena. Ketahanan terhadap temperatur dan terhadap hal-hal lainnya kira-kira sama dengan poli etilena (PE). Poli vinil khlorida terbakar dalam api (melepaskan banyak gas HCI) dan padam sendiri bila dibawa ke luar jangkauan api. Masa jemisnya kira-kira 1,4g/cml.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar