Jumat, 30 September 2011

Artikel Kimia

Artikel Kimia


Unsur Kimia Golongan III A : Aluminium (Al)

Posted: 30 Sep 2011 01:59 PM PDT

Kelimpahan Aluminium (Al)

Aluminium (Al) adalah unsur logam yang biasa dijumpai dlm kerak bumi yang terdapat dalam batuan seperti felspar dan mika. Umumnya juga dalam bentuk aluminium silikat dan campurannya dalam logam lain seperti natrium, kalium, furum, kalsium & magnesium.

Jenis Senyawa Aluminium (Al)

Beberapa senyawa aluminium di alam terdapat dalam bentuk silikat (Al2Si2O5(OH)4), bauksit (Al2O3.nH2O), kriolit (Na3AlF6), veldspath (KAlSi3O8) dan pada beberapa jenis batu permata seperti sapphire (campuran Al2O3 dengan besi dan titan).

Isolasi & Produksi Aluminium (Al)

Aluminium (Al) dibuat dalam skala yang sangat besar dari bauksit (Al2O3.nH2O). proses pembuatan Aluminium (Al) dalam industry dikenal dengan proses hall yang terdiri dari 2 tahapan proses yaitu tahap pemurnian bauksit yang memanfaatkan sifat amfoter dari aluminium oksida dan tahap elektrolisis untuk memperoleh Aluminium (Al) murni yang kemudian melalui proses lebioh lanjut aluminium dibuat dalam bentuk tertentu.

 Kegunaan Aluminium (Al)
  1. Digunakan dalam konstruksi pesawat, mobil, dan mesin-mesin lannya.
  2. Karena sifatnya yang mudah menghantarkan panas dengan tahan karat, Aluminium (Al) banyak digunakan untuk membuat alat-alat  masak
  3. Digunakan dalam bidang arsitektur dan ornamen-ornamen rumah.

Terima kasih telah membaca ArtikelKimia dan silahkan telusuri lebih lanjut utk menemukan lebih banyak lagi Artikel yang berhubungan dg: Unsur Kimia Golongan III A : Aluminium (Al)

Unsur Golongan III A : Boron (B)

Posted: 30 Sep 2011 11:45 AM PDT

Kelimpahan Boron (B)

Dalam kawah gunung berapi, Boron (B) berbentuk asam orthoboric dan sebagai borates dalam borax dan colemanite. Sumber paling utama dari Boron (B) adalah rasorite yg banyak ditemukan di gurun pasir Mojave California. Persediaan borax juga ditemukan di turki. Boron (B) murni bisa didapatkan dengan mereduksi boron triklorida atau tribromida dengan hydrogen menggunakan electrically heated filaments.

 Jenis senyawa Boron (B)

  • Bereaksi dengan nitrogen membentuk boron nitrida
  • Bereaksi dengan oksigen membentuk boron oksida (B2O3)
  • Bereaksi dengan logam, misalnya magnesium membentuk magnesium borida (Mg3B2)
  • Melalui hidrolisis halida boron diperoleh, asam B(OH3)
  • Dari pemanasan B2O3 dengan NH4BF4 atau CaF2 dan H2SO4 pekat diperoleh BF3

Atau:

  • Oksida   : boron oksida (B2O3),
  • Halida    : asam B(OH3)
  • Hidrida  : B2H6

Isolasi & produksi Boron (B)

Boron (B) tdk terlalu banyak diproduksi dlm laboratorium karena telah dpt diperoleh secara komersial. Secara umum, Boron (B) berasal dari tourmaline, borax [Na2B4O5(OH)4.8H2O], dan kernite [Na2B4O5(OH)4.2H2O]. Unsur ini susah diperoleh dalam bentuk murni karena titik lelehnya yang tinggi (2250 ˚C) dan sifat korosif cairannya. Ia dibuat dalam kemurnian 95 – 98% sebagai bubuk amorf dengan reduksi B2O3 dengan Mg, diikuti dengan pencucian produknya dengan larutan NaOH, HCl, dan HF.

B2O3 + 3Mg → 2B + 3MgO

Kegunaan, contoh sehari-hari:

  • Borax (Na2B4O7.10H2O) digunakan sebagai bahan pembersih (pemutih), kaca, keramik, pupuk, kertas dan cat.
  • Asam boric (H3BO3) digunakan dalam bidang medis sebagai antiseptik dan astringent.
  • Boron karbida (B4C) digunakan untuk membuat amplas.
  • Digunakan untuk mendeteksi dan mengontrol jumlah neutron pada reaktor nuklir.

Terima kasih telah membaca AtikelKimia dan silahkan telusuri lebih lanjut pada kotak pencarian untuk menemukan lebih banyak lagi ArtikelKimia yg berhubungan dg: Unsur Golongan III A : Boron (B)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar