Rabu, 21 September 2011

Artikel Kimia

Artikel Kimia


Bagaimanakah Proses Transport Lemak dlm Tubuh

Posted: 21 Sep 2011 01:15 PM PDT

Pd umumnya 2,5 sampai 3 jam setelah orang makan makanan yg mengandung banyak lemak, kadar lemak dlm darah akan kembali normal.

Dlm darah lemak diangkut dlm 3 bentuk, yaitu berbentuk kilomikron, partikel lipoprotein yang sangat kecil, & bentuk asam lemak yg terikat dlm albumin. Kilomikron yg menyebabkan darah tampak keruh, terdiri atas lemak 81-82%, protein 2%, fosfolipid 7%, & kolesterol 9%.

Proses Hidrolisis Lemak

Kekeruhan akan hilang & darah m’jadi jernih kmbali apabila darah tlah mengalir melalui beberapa organ tubuh atau jaringan-jaringan, krn terjadinya proses hidrolisis lemak oleh enzim lipoprotein lipase. Lipoprotein lipase terdapat dlm sebagian besar jaringan & terdapat dlm jumlah banyak pada jaringan adiposa dan otot jantung. Sebagian besar lemak yang diabsorbsi di angkat ke hati. Di sini lemak diubah menjadi fosfolipid yg kemudian diangkut ke organ-organ maupun jaringan-jaringan tubuh.

Bagaimana Proses Oksidasi Asam Lemak Jenuh

Posted: 21 Sep 2011 01:10 PM PDT

Lemak dlm tubuh tdk hanya berasal dari makanan yg mengandung lemak, tetapi dpt pula berasal dari karbohidrat & protein.

Hal ini terjadi karena ada hubungan antara metabolisme karbohidrat, lemak, protein atau asam amino. Asam lemak yang terjadi pada proses hidrolisis lemak, mengalami proses oksidasi dan menghasilkan asetil koenzim A.

Tahap Hidrolisis Asam Lemak

Tahap-tahap reaksi yaitu :

  1. Pembentukan asil KoA  dari asam lemak   R-CH2CH2COOH  berlangsung dgn katalisis enzim asil KoA sintetase  atau disebut juga tiokinase  dlm dua tahap  yaitu:
  • Mula-mula asam lemak bereaksi dgn ATP & enzim membentuk kompleks enzim-asiladenilat. Molekul asiladenilat terdiri dari gugus  asil yang berikatan dengan gugus fosfat  pada AMP. Molekul ATP dalam reaksi ini diubah menjadi  AMP  dan pirofosfat. Kemudian asil AMP  bereaksi dengan koenzim A membentuk  asil KoA. Pirofosfat dengan segera terhidrolisis menjadi 2 gugus fosfat. Reaksi ini yang menyebabkan pembentukan asil KoA berlangsung dengan baik
  • Reaksi kedua ialah reaksi pembentukan enoil KoA dgn cara oksidasi. Enzim asil KoA dehidrogenase berperan sebagai katalis dlm reaksi ini. Perlu diperhatikan bahwa reaksi ini mempunyai kesamaan dengan reaksi pembentukan asam fumarat  dari asam suksinat pada siklus asam sitrat. Koenzim yang diperlukan dalam reaksi ini adalah FAD yang berperan sebagai akseptor hidrogen. Dua molekul ATP dibentuk untuk tiap pasang elektron yang ditransportasikan dari molekul FADH2  melalui sistem transfer elektron.

Dlm reaksi ketiga ini enzim enoil KoA hidrotase merupakan katalis yang menghasilkan L-hidroksiasil  koenzim A. reaksi ini ialah reaksi hidrasi terhadap ikatan rangkap antara C2-C3.

Reaksi keempat adalah reaksi oksidasi yang mengubah hidroksiasil koenzim A menjadi ketoasil koenzim A. Enzim  L-hidroksiasil koenzim A dehidrogenase merupakan katalis dalam reaksi ini dan melibatkan NAD yang direduksi menjadi NADH. Proses oksidasi kembali NADH ini melalui transpor elektron dapat membentuk tiga molekul ATP.

Tahap kelima adalah reaksi pemecahan ikatan C-C sehingga menghasilkan asetil KoA dan asil KoA yang mempunyai jumlah atom C dua buah yang lebih pendek dari molekul semula.

Asil  KoA yang terbentuk pada tahap 5, mengalami metabolisme  lebih lanjut  melalui tahap reaksi 2 hingga tahap 5 demikian seterusnya  rantai C pada asam lemak terpecah menjadi molekul-molekul asetil KoA. Selanjutnya asetil KoA dapat teroksidasi menjadi CO2 dan H2O melalui siklus asam sitrat  atau digunakan untuk reaksi-reaksi yang memerlukan asetil KoA.

Bagaimana Proses Pencernaan Lemak dlm Usus

Posted: 21 Sep 2011 11:00 AM PDT

Pencernaan lemak terutama t’jadi di usus, krn dlm mulut & lambung tdk trdapat enzim lipase yg dpt menghidrolisis lemak.

Dlm usus, lemak diubah dlm bentuk emulsi, sehingga mudah berhubungan dengan enzim steapsin dlm cairan pangkreas. Hasil akhir proses pencernaan lemak ialah asam lemak, gliserol, monogliserida, digliserida, serta sisa trigliserida. Pengeluaran cairan pangkreas dirangsang oleh hormon sekretin, & pankreozimin. Sekretin meningkatkan jumlah elektrolit & cairan pangkreas, sedangkan pangkreozimin merangsang pengeluaran enzim-enzim dlm cairan pangkreas.

Lemak Dlm Usus

Lemak yg keluar dr lambung msk ke dlm usus merangsang pengeluaran hormon kolesistokinin yg pada gilirannya menyebabkan kantung empedu berkontraksi hingga mengeluarkan cairan empedu ke dlm duodenum. Lipid lain yg dapat terhidrolisis oleh cairan pangkreas antara lain adalah lesitin oleh fosfolipase, fosfatase, & esterase, ester kolesterol oleh kolesterol esterase dihidrolisis menjadi kolesterol & asam lemak.

Hasil Pencernaan Lemak

Absorbsi hasil pencernaan lemak yang sebagian besar (70%) adalah asam lemak dan sebagian lagi (20%) monogliserida terjadi pada usus kecil. Pada waktu asam lemak dan monogliserida diabsorbsi melalui sel-sel mukosa pada dinding usus, mereka di ubah kembali (resintesis) menjadi lemak atau trigliserida. Lemak yang terjadi ini berbentuk partikel-partikel kecil yang disebut kilomikron dan dibawa ke dalam darah melalui cairan limpa.

Apakah Definisi Lipid (Lemak)

Posted: 21 Sep 2011 08:30 AM PDT

Lipid yg t’dapat dlm makanan sebagian besar berupa lemak.

Pada umumnya lipid merupakan konduktor panas yg jelek, sehingga lipid dlm tubuh berfungsi utk mencegah terjadinya kehilangan panas dari tubuh. Makin banyak jumlah lipid (lemak), makin banyak fungsinya mempertahankan panas dlm tubuh.

Proses Oksidasi Lipid (Lemak)

Pada proses oksidasi 1 gram lipid (lemak) dihasilkan energi sebesar 9 kkal, sedangkan 1 gram karbohidrat maupun protein hanya menghasilkan 4 kkal. Selain itu, lipid (lemak) mempunyai fungsi melindungi organ-organ tubuh tertentu dari kerusakan akibat bentukan atau goncangan. Lemak juga merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung vitamin A, D, E dan K.

Bagaimanakah Tahap Biosintesis Trigliserida & Kolesterol

Posted: 21 Sep 2011 07:00 AM PDT

Biosintesis trigliserida

Tahap-tahap biosintesis trigliserida, adalah seperti dibawah ini:

  1. pembentukan gliserofosfat
  2. reaksi hidrolisis asam fosfatidat dengan fosfatase
  3. asilasi terhadap 1,2 digliserida

Biosintesis kolesterol

Asetil KoA diubah menjadi isopentil pirofosfat & dimetil pirofosfat. Isopentenil pirofosfat dan dimetalil pirofosfat bereaksi membentuk kolesterol.

Bagaimana Proses Oksidasi Asam Lemak

Posted: 21 Sep 2011 04:30 AM PDT

Oksidasi asam lemak jenuh

  1. pembentukan asil KoA dari asam lemak
  2. Pembentukan enoil KoA dengan cara oksidasi
  3. Reaksi hidrasi
  4. Reaksi oksidasi
  5. Reaksi pemecahan ikatan C-C

Oksidasi asam lemak tidak jenuh

  1. pembentukan asil KoA
  2. pemecahan melalui proses β oksidasi
  3. Proses α oksidasi
  4. Proses epimerase

Kata Kunci Kimia:

makalah tentang asam lemak, oksidasi asam, wikipedia glikosida jantung

Bagaimanakah Metabolisme Lipid

Posted: 21 Sep 2011 01:51 AM PDT

Lipid t’dapat dlm makanan sebagian besar berupa lemak. Lipid adalah konduktor panas yg jelek. Pencernaan lemak terutama terjadi dlm usus.

Transfor Lipid (lemak)

Dlm darah lipid (lemak) diangkut dlm bentuk kilomikron & asam lemak. Kilomikron menyebabkan darah menjadi keruh. Kilomikron terdiri atas lemak 81-82%, protein 2%, fosfolipid 7% dan kolesterol 9% lemak yang diabsorpsi diangkut kehati & diubah menjadi fosfolipid.

Pencernaan Lipid (lemak)

Lemak dicerna dlm usus. Usus mengandung esterase yg menghidrolisis ester kolesterol sehingga menghasilkan asam lemak bebas. Asam lemak tdk larut dlm air sehingga diemulsikan dgn bantuan gabungan garam-garam empedu, lesitin & monogliserida yang menghasilkan "micelle". Asam lemak yg mempunyai atom C sampai 12 diikat kealbumin & dibawa keperedaran darah portal lalu mengalami esterifikasi kemudian masuk keperedaran limpa.

Tetaplah setia membaca artikel kimia dan silahkan menelusuri artikel lain yang berhubungan dengan: Bagaimanakah Metabolisme Lipid

Kata Kunci Kimia:

MATERI KIMIA TENTANG LEMAK, pencernaan lemak

Polimerisasi Ziegler-Natta

Posted: 20 Sep 2011 10:59 PM PDT

Polimerisasi Ziegler-Natta pd propilen akn menghasilkan polimer berkepadatan tinggi dgn perbedaan densitas yg rendah, cabang polimer dihasilkan dr proses radikal bebas.

Hal ini terjadoi krn koordinasi nonekivalen dari alkena & gugus alkil pd titanium aktif. Gugus alkil bertambah karena terjadi insersi sehingga membentuk monomer baru.

Produk Ziegler-Natta

Polietilen merupakan salah satu jenis polimer yg banyak digunakan utk berbagai aplikasi, seperti membuat isolasi kabel listrik, plastik kantong, tanki, baju anti air, dll. Polietilen merupakan plastik pertama yang produksinya melebihi 1 milyar pound pertahun sejak 1959. Polietilen adalah polimer sintetik yang terdiri dari monomer-monomer molekul etena. Sebelum tahun 1950-an, produksi etilen pada skala industri dilakukan pada tekanan tinggi.

Polimerisasi alkena menghasilkan polimer-polimer seperti polietena, dan terkadang juga disebut polietilena, polipropilena, polyvinyl chloride, polyethylene terephthalate, polystyrene, dan polycarbonate

Kata Kunci Kimia:

cara perawatan titrasi

Apa Definisi Katalis

Posted: 20 Sep 2011 10:59 AM PDT

Katalis adalah suatu zat yg mempercpat laju reaksi kimia pd suhu tertentu, tanpa mengalami perubahan atu terpakai oleh reaksi itu sendiri.

Manfaat Katalis

Suatu katalis brperan dlm reaksi tapi bkn sebagai pereaksi ataupun produk. Katalis memungkinkan reaksi berlangsung lbh cepat atau memungkinkan reaksi pada suhu lebih rendah akibat perubahan yang dipicunya terhadap pereaksi, menyediakan suatu jalur pilihan dgn energi aktivasi yang lebih rendah dan mengurangi energi yang dibutuhkan untuk berlangsungnya reaksi.

Kata Kunci Kimia:

artikel katalis, asam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar