Selasa, 28 Februari 2012

Artikel Kimia

Artikel Kimia


Jenis Koloid Buih

Posted: 28 Feb 2012 07:36 AM PST

Jenis Koloid Buih

Jenis Koloid Buih adalah sistem koloid dari gas yang terdispersi dalam zat cair.

Contoh: sabun, detergen, protein.

sabun/detergen adalah zat yang molekulnya terdiri atas hidrofob dan sekaligus gugus hidrofil.

Zat-zat yang dapat memecah/mencegah buih yaitu eter, isoamil alkohol.

Jenis Koloid Buih

Prosedur Praktikum Sintesis Senyawa Hidrat

Posted: 28 Feb 2012 02:05 AM PST

Bahan Sintesis Senyawa Hidrat

Bahan-bahan yang digunakan dalam percobaan ini adalah: (NH4)2 SO4, ZnSO4. 7H2O, alkohol, tissue roll, kertas saring dan Aquadest.

Alat Sintesis Senyawa Hidrat

Alat-alat yang digunakan dalam percobaan ini adalah: gelas kimia 50 ml; 250 ml ; 500 ml, labu erlenmeyer 250 ml, batang pengaduk, gegep, bunsen, kawat kasa, kaki tiga, sendok tanduk, corong, dan neraca analitik.

Prosedur Sintesis Senyawa Hidrat

Sebanyak 2,08 gram (NH4)2SO4 ditimbang dengan neraca ohaus. Sebanyak 4,52 gram ZnSO4.7H2O ditimbang dengan menggunakan gelas kimia yang berbeda. Kemudian (NH4)2SO4 dan ZnSO4.7H2O yang telah ditimbang tadi dicampurkan ke dalam gelas kimia. Hasil campuran tadi dilarutkan dengan menggunakan air panas, kemudian dipanaskan kembali hingga terbentuk endapan. Endapan yang diperoleh dilarutkan dalam alkohol untuk mempercepat kristalisasi kemudian diaduk. Campuran tadi didinginkan selama beberapa menit kemudian disaring dengan kertas saring. Endapan yang diperoleh kemudian dikeringkan dengan cara dimasukkan ke dalam desikator, setelah kering endapannya ditimbang untuk memperoleh nilai rendamennya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar