Sabtu, 11 Februari 2012

Artikel Kimia

Artikel Kimia


Pala ( Myristica fragans ) Penghasil Minyak Atsiri

Posted: 11 Feb 2012 10:58 AM PST

Bagian tanaman pala yang mempunyai nilai ekonomis adalah buahnya. Buah pala terdiri dari 4 bagian yaitu daging, fuli, tempurung dan biji. Biji pala dapat dimanfaatkan secara langsung sebagai rempah-rempah dan minyaknya diperoleh melalui penyulingan dan dapat dimanfaatkan untuk pengobatan dan kosmetika. Biji pala dapat menghasilkan rata-rata 12% minyak atsiri dan dari fuli berkisar antara 7-18%.

Sereh Wangi (Cymbopogon nardus) Penghasil Minyak Atsiri

Posted: 11 Feb 2012 07:53 AM PST

Sereh Wangi (Cymbopogon nardus) merupakan tanaman penghasil minyak sereh wangi. Minyaknya dpt diperoleh dari bagian daun dgn rendemen 0,8 – 1 persen dari daun basah. Tanaman ini tumbuh baik dari dataran rendah sampai 1000 meter dr permukaan laut, tetapi daerah optimum adalah 250 meter di atas permukaan laut.

Pertumbuhan Sereh Wangi (Cymbopogon nardus)  kurang baik pd tanah yang berat (liat) & tanah berkapur. Disamping itu keadaan air tanah yg dekat ke permukaan tanah tidak dikehendaki, sehingga perlu adanya drainase yang baik, berupa parit – parit atau saluran pembuangan air. Produksi tanaman berkisar antara 15 – 20 ton per hektar pertahun dengan kadar minyak 0,8 – 1 persen dan pemanenan dpt dimulai setelah berumur 6 bulan dan periode panen selanjutnya berkisar antara 70 – 75 hari sekali dlm musim hujan & tiap 80 – 90 hari pada musim kemarau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar