Selasa, 14 Februari 2012

Artikel Kimia

Artikel Kimia


Penanganan Bahan Mentah Penghasil Karagenan

Posted: 14 Feb 2012 07:59 AM PST

Prosedur penanganan bahan mentah untuk kebutuhan pengolahan refined karagenan adalah sebagai berikut :
1. Rumput laut dibersihkan dari kotoran yang berupa pasir, lumut dan kerang-kerang yang menempel.
2. Rumput laut Eucheuma dicuci dengan air laut bersih.
3. Rumput laut yang telah bersih lalu dijemur di atas para -para.
4. Rumput laut yang dijemur dibalik untuk memperoleh hasil kering sesuai dengan yang dibutuhkan.
5. Penjemuran dilakukan sekitar 2-3 hari sampai sampel rumput laut kering dengan kadar kering 32 – 37 %.

Jenis Rumput Laut Penghasil Karagenan

Posted: 14 Feb 2012 05:36 AM PST

Jenis rumput laut yang digunakan sebagai bahan mentah untuk pengolahan refined karagenan adalah karagenofit, yaitu rumput laut yang mengandung karagenan dari kelas alga merah (Rhodophyceae).

Tidak semua rumput laut yang termasuk dalam Rhodophyceae mengandung karagenan. Rumput laut dari golongan Rhodophyceae yang mengandung karagenan dan banyak terdapat di Indonesia adalah Eucheuma cottonii dan Eucheuma spinosum. Sedangkan rumput laut dari kelas alga merah yang paling banyak mengandung karagenan adalah Chondrus crispus, tetapi tidak tumbuh di Indonesia.

Pada umumnya golongan Eucheuma berwarna hijau, hijau kuning, coklat tua, abu-abu atau merah. Perbedaan warna ini dapat pula digunakan sebagai perbedaan nama jenisnya. Rumput laut ini memiliki ciri-ciri thalli silindris, permukaan licin dan agak kasar (terdapat bintik-bintik bakal spora). Kandungan pigmen utama adalah karotin, xantofil dan r-fikoeritrin penyebab warna merah dan klorofil a dan d.

Karakteristik lain dari Genus ini adalah bila terkena panas sinar matahari secara langsung akang menunjukkan perubahan warna  menjadi merah atau ungu. Rumput laut yang dibutuhkan untuk pengolahan refined karagenan adalah rumput laut Eucheuma kering asin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar