Senin, 06 Februari 2012

Artikel Kimia

Artikel Kimia


Pendahuluan Laporan Adsorpsi Zat Warna Oleh Karbon Aktif

Posted: 06 Feb 2012 07:24 AM PST

Adsorpsi Zat Warna Oleh Karbon Aktif

Zat warna adlah bahan yg tidak lepas dari proses industri. Penggunaan zat warna yang paling besar diduduki oleh industri tekstil. Pemakaian zat warna sebagai bahan bakunya dalam industri tekstil telah melampaui batas yang telah ditentukan yaitu sampai 107 kg pertahun. Sebagai akibatnya limbah industri tersebut akan dibuang kealiran air. Limbah zat warna ini memiliki sifat non biodegradable karena mengandung senyawa kompleks aromatik dan senyawa organik yang sukar diuraikan oleh mikroba sekalipun. Selain itu zat warna bersifat karsinogenik dan dapat menyebabkan kanker, penyakit kulit dan dapat menghambat pertumbuhan tanaman.

Beberapa metode telah dilakukan untuk menghilangkan zat warna tersebut dengan menggunakan pengaktifan sludge, koagulasi kimia, elektrokimia, osmosis, katalis hidrogen peroksida dan pengaktifan karbon. Pada beberapa metode yang disebutkan diatas, metode adsorpsi adalah metode yang relatif lebih murah. Pada percobaan kali ini digunakan metode adsorpsi untuk menghilangkan methylen blue. Adsorben yang digunakan adalah karbon aktif.
Berdasarkan paparan di atas, melihat bahaya yang bisa ditimbulkan dari pencemaran zat warna dari limbah industri maka dilakukanlah percobaan ini. Hal tersebut dimaksudkan supaya kita bisa lebih mengerti mengenai adsorpsi tersebut dan nantinya bisa mengaplikasikannya dalam menjaga lingkungan kita.

Maksud dan Tujuan Percobaan Adsorpsi Zat Warna Oleh Karbon Aktif

Maksud Percobaan
Adapun maksud dari percobaan adsorpsi ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari adsorpsi zat warna oleh karbon aktif.

 Tujuan Percobaan
Adapun tujuan dari percobaan ini adalah :
1. Menentukan model adsorpsi yang sesuai untuk adsorpsi metilen blue oleh karbon aktif.
2. Menentukan kapasitas adsorpsi dari adsorpsi metilen blue oleh karbon aktif.

Prinsip Percobaan
Adapun prinsip dari percobaan ini adalah menentukan model adsorbansi yang sesuai untuk methylen blue oleh karbon aktif dengan cara menghitung konsetrasi larutan methylen blue setelah adsorpsi oleh karbon aktif dengan konsentrasi awal yang bervariasi yang diaduk dengan waktu pengadukan 30 menit melalui absorbansi dengan spektronik 20 D+.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar