Minggu, 09 Oktober 2011

Artikel Kimia

Artikel Kimia


Peranan Kinetika Kimia

Posted: 09 Oct 2011 09:57 AM PDT

Keberadaan reaksi kimia ditentukan oleh tinjauan termodinamika dan kinetika. Termodinamika memberi informasi kearah mana reaksi atau perubahan kimia secara spontan dapat berlangsung. Sedangkan kinetika membahas permasalahan laju reaksi dan mekanisme reaksi. Laju reaksi adalah perubahan jumlah pereaksi dan hasil reaksi per satuan waktu. Karena reaksi berlangsung kearah pembentukan hasil, maka laju reaksi tak lain dari pengurangan jumlah pereaksi per satuan waktu, atau pertambahan jumlah hasil reaksi persatuan waktu.

Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi antara lain adalah suhu, luas permukaan, konsentrasi larutan, katalisator, keadaan zat dan kepekatan larutan serta tingkat reaksi atau orde reaksiKertas akan lebih cepat terbakar daripada kayu disebabkan oleh sifat atau keadaan masing-masing zat tersebut. Kristal garam akan lebih mudah larut dalam air panas. Namun, untuk menghitung dan menentukan tingkat reaksi atau orde reaksi hanya dapat dilakukan melalui percobaan yang menyatakan hubungan antara laju reaksi dengan kepekatan reaksi tersebut masing-masing. Metode yang umum digunakan adalah melakukan pengubahan konsentrasi awal pereaksi, dimana pada pelacakan tingkat reaksi suatu pereaksi, maka pereaksi-pereaksi yang lain dibuat konstan.

Tags: , , , , ,

Related posts

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi

Posted: 09 Oct 2011 03:50 AM PDT

Sifat dan ukuran pereaksi

Semakin reaktif sifat pereaksi laju reaksi maka reaksi akan berlangsung semakin cepat. Semakin luas permukaan zat pereaksi akan semakin cepat pula laju reaksinya, hal ini dapat dijelaskan dengan semakin luas permukaan zat yang bereaksi maka daerah interaksi zat pereaksi semakin luas juga. Permukaan zat pereaksi dapat diperluas dengan memperkecil ukuran pereaksi. Jadi untuk meningkatkan laju reaksi, pada zat pereaksi dalam bentuk serbuk lebih baik bila dibandingkan dalam bentuk bongkahan.

Konsentrasi

Pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi dapat diterangkan melalui pendekatan teori tumbukan. Makin besar konsentrasi zat yang terlibat dalam suatu reaksi berarti makin banyak partikel atau molekul yang bertumbukan. Akibatnya, jumlah tumbukan per satuan luas, per satuan waktu juga mengalami kenaikan. Dengan kata lain, pada keadaan seperti itu laju reaksi bertambah cepat.

 Suhu Reaksi

 Hampir semua reaksi menjadi lebih cepat bila suhu dinaikkan karena kalor yang diberikan akan menambah energi kinetik partikel pereaksi. Akibatnya jumlah dan energi tumbukan bertambah besar. Pengaruh perubahan suhu terhadap laju reaksi secara kuantitatif dijelaskan dengan hukum Arrhenius yang dinyatakan dengan persamaan sebagi berikut:

k = Ae-Ea/RT atau ln k = -Ea + ln ART

Dengan R = konstanta gas ideal, A = konstanta yang khas untuk reaksi (faktor frekuensi) dan Ea = energi aktivasi yang bersangkutan.

Katalis

Katalis adalah zat yang ditambahkan ke dalam suatu reaksi untuk memepercepat jalannya reaksi. Katalis biasanya ikut bereaksi sementara dan kemudian terbentuk kembali sebagai zat bebas. Suatu reaksi yang menggunakan katalis disebut reaksi katalis dan prosesnya disebut katalisme.

Tags: , , , ,

Related posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar