Minggu, 02 Oktober 2011

Artikel Kimia

Artikel Kimia


Struktur Kimia Steroid dlm Teripang Pasir

Posted: 02 Oct 2011 08:56 AM PDT

Uji Warna pada Ekstrak Steroid Teripang pasir

Hasil penelitian uji warna dengan menggunakan pelarut liebermann-burchard menunjukkan bahwa ekstrak steroid teripang pasir mengandung steroid dengan terbentuknya larutan biru kehijauan pada larutan tersebut. Hasil tersebut sejalan dengan hasil penelitian Smith et al [13] yang melakukan uji warna pada ekstrak steroid dari Echinus esculentus menggunakan pelarut liebermann-burchard menghasilkan larutan berwarna biru kehijauan.

Karakterisasi Senyawa Steroid

Identifikasi dan karakterisasi senyawa steroid teripang pasir menggunakan LC-MS, NMR dan FT-IR menunjukkan adanya empat macam senyawa steroid yang dominan pada teripang pasir yaitu 24-ethylidenecholest-25-en-ol, lanost-9(11)-en-3-ol, cholestane-3,4,6,15,24-pentol serta senyawa steroid 24-O-[2,4-Di-O-methyl-D-xylopyranosyl-(12)-D-xylofuranosid.

Struktur steroid dalam teripang pasir

Identifikasi Steroid Teripang Pasir (Holothuria Scabra) Indonesia

Posted: 02 Oct 2011 06:52 AM PDT

Steroid teripang termasuk di dalamnya saponin, sterol bebas dan sterol yang berikatan (triterpen glukosida), mempunyai banyak kegunaan bagi kesehatan.

Beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa senyawa tersebut pada teripang mempunyai aktifitas antitoksik , antibakteri pada teripang Cucumaria frondosa, anti jamur pada teripang Psolus patagonicus, anti tumor dan mempunyai aktivitas anti inflamasi.

Klasifikasi  Teripang Pasir

Teripang atau dikenal dengan nama timun laut termasuk dalam kelas Holothuridae. Bentuk badannya bulat memanjang seperti silinder atau memanjang agak memipih dengan mulut dan anus terletas pada sudut yang berlawanan. Kulit luar teripang pasir terdiri atas suatu lapisan yang melekat kuat dan terasa kasar dengan rangka berbentuk jarum atau keeping-keping kecil kapur yang menyebar dalam jaringan tubuh (Sudrajat, 2002).

Kerajaan   : Animalia
Filum        : Echinodermata
Upafilum  : Echinozoa
Kelas         : Holothuroidea

Spesies      : Holothuroidea scabra

 Menurut Stonik, senyawa steroid pada teripang kelas Holothurioidea belum banyak diteliti. Saat ini baru sekitar 20 dari lebih kurang 1200 jenis steroid yang terisolasi. Beberapa jenis steroid teripang yang sudah teridentifikasi antara lain steroid teripang Holothuria scabra dari Vietman, teripang Pseudostichopus trachus, Holothuria nobilis, Holothuria scabra, Trochostoma orientale dan Bathyplotes natans, teripang Synapta maculate, Cladolabes bifurcatus dan Cucumaria sp dan teripang Stichopus mollis.

Indonesia merupakan negara penghasil teripang terbesar kedua di dunia [9], akan tetapi informasi mengenai senyawa steroid dalam teripang yang berasal dari Indonesia belum banyak dilaporkan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi steroid teripang pasir Holothuria scabra yang berasal dari perairan Bengkulu. Identifikasi dan karakterisasi steroid dilakukan dengan uji warna (liebermann-burchard) dan penentuan bobot molekul serta struktur kimia dengan menggunakan LC-MS, NMR dan FT-IR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar