Kamis, 15 Desember 2011

Artikel Kimia

Artikel Kimia


Jalur Biosintesis Stilbenoid

Posted: 15 Dec 2011 07:57 AM PST

Stilben adalah etilen yang tersubstitusi oleh dua cincin fenil. Cincin A biasanya memiliki dua gugus hidroksi dalam posisi m dan memiliki jalur biosintesis asam mevalonat, sedangkan cincin B membawa sebuah gugus hidroksi dan metoksi dalam posisi o-,m-,p- dan jalur biosintesisnya asam shikimat. Stilben aglikon dan stilben glikosida terbentuk secara alami pada lumut dan tumbuhan tingkat tinggi.senyawa ini merupakan bagian terpenting dari antifungal pitoaleksins fenolik yang biasanya disintesis hanya melalui respon terhadap infeksi atau luka. Suatu kesatuan senyawa –senyawa terbentuk berdasarkan pada jumlah dan lokasi gugus hidroksil:kehadiran gugus ini dapat tersubstitusi oleh gula, metal, metoksi dan residu lainnya:konfigurasi sterik bagi molekul-molekul identik secara kimia ; kemampuannya untuk memasuki reaksi membentuk dimmer, trimer, atau polimer-polimer besar.

 Jalur Biosintesis Stilbenoid

Jalur Biosintesis StilbenoidStruktur Stilben

Stilben memiliki struktur C6-C2-C6. Senyawa turunan stilben dipercaya memiliki aktivitas antioksidan. Stilben, trans resveratrol telah diisolasi pertama kali pada tahun 1940 dari akar veratrum grandiflorum. Senyawa ini sering diperoleh dari berbagai spesies pada sembilan famili tumbuhan, bersama-sama oksiresveratrol dalam Gymnospermae, Lilaceae, Moraceae, dan Myrtaceae. Cis dan trans resveratrol telah dilaporkan dari Arachis hypogen (Fabaceae) dan dari Eucalyptus spesies dari Myrtaceae. Dihidroksi stilben dan tetrahidroksi stilben sering terdapat di alam. Stilben terprenilasi telah dilaporkan hanya dari tumbuhan Leguminous. Dengan cara yang sama, hanya dua stilben terprenilasi yang telah diperoleh dari Chlorophlora excelsa pada tanaman famili Moraceae.

Jenis Stilben

Stilben aglikon terdistribusi diantara 17 famili tanaman berbunga. Pinaceae, Cupressaceae dan Gnetaceae adalah famili Gymnospermae yang dilaporkan mengandung stilben. Akan tetapi, stilben juga telah diidentifikasi dalam anggota Malvaceae. Banyak stilben alam telah diisolasi sebagai trans isomer. Meskipun trans stilben itu sendiri telah dilaporkan dari spesies Alnus, kehadirannya sebelumnya telah diusulkan dalam minyak Perubalsam berdasarkan pada titik lelehnya.

Stilben glukosida telah diisolasi dari beberapa tumbuhan termasuk 4 famili tumbuhan, dengan mayoritas dari mereka terjadi dalam spesies dari spesies Picea pada Pinaceae. Stilben glukosida astringin dan isorhapontin ada dalam tingkat tinggi dalam kulit kayu pada kebanyakan dari tujuh spesies Picea. Tingkatan mereka di bagian lain dari tanaman ini seperti getah kayu dan akar yang relatif rendah. Selain itu, tumbuhan lain yang tergolong stilben glukosida dalah Rhapontin, yang merupakan glukosida yang pertama kali dikenal, telah dilaporkan berasal dari Rheum rhaponticum. Resveratrol glukosida "piceid" terdapat dalam anggota dari tiga famili tanaman, dimana glukosida pada piceatannol telah dilaporkan hanya dari spesies Picea. Sedikit stilben glukosida dikenal dari genera Gaylussacia dan Polygonium.

Stilbenoid

Posted: 15 Dec 2011 04:46 AM PST

Perkembangan ilmu kimia organik pada hakekatnya seiring dengan usaha pemisahan dan penyelidikan bahan alam. Hal ini antara lain disebabkan karena struktur molekul dari senyawa-senyawa yang dihasilkan oleh organisme mempunyai variasi yang sangat luas. Kenyataan ini dapat digunakan untuk mendalami pengetahuan mengenai reaksi-reaksi organik dan juga untuk menguji hipotesa atau penataan ulang molekul dan spektroskopi serapan elektron. Disamping itu, bahan alam juga merupakan tantangan dalam penetapan struktur molekul yang kadang kala sangat rumit.

Stilbenoid merupakan agen kemotaksonomik yang menarik dan diekstrak dalam kayu yang digunakan untuk bubur kayu. Mereka adalah kelompok senyawa organik yang dihasilkan oleh tanaman kayu sebagai metabolit dan juga sebagai agen konstitutif. Senyawa ini terdapat di alam sebagai aglikon dan glukosida.

yang sama, hanya dua stilben terprenilasi yang telah diperoleh dari Chlorophlora excelsa pada tanaman famili Moraceae.

Stilben adalah molekul dasar untuk menyelidiki fotoisomerisasi, senyawa ini telah menjadi subjek yang substansial dalam penelitian. Stilben adalah model yang dimengerti  bersifat lebih rumit, seperti retinal, kromofor dari rodopsin, dan untuk mengerti efek dari lingkungan yang berbeda dalam potoisomerisasi. Isomerisasi dari stilben dapat dimulai baik dari geometri cis dan trans.

stilbenoid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar