Jumat, 02 Desember 2011

Artikel Kimia

Artikel Kimia


Sifat-sifat Semen Portland

Posted: 02 Dec 2011 10:44 AM PST

Sifat-sifat semen portland sangat dipengaruhi oleh susunan ikatan dari oxidaoxida serta dari bahan-bahan kotoran-kotoran lainnya.

Pengujian Mutu Semen Portland

Untuk menilai sifat-sifat dan mutu semen perlu dilakukan pengujian di Laboratorium. Pengujian dilaksanakan berdasarkan suatu standar yaitu standar
cara pengujian dan standar persyaratan mutu.

Standar yang paling umum dianut di Dunia ialah standar ASTM -C150, Standar Inggris BS – 12, Standar Jerman DIN dan Standar “Internasional Standar Organization” ISO .

Kini Indonesia telah memiliki Standar Industri Indonesia (SII-0013-77) yang menganut standar ASTM. Dari semua standar yang terdapat di Dunia hampir semuanya menguji mutu semen terhadap susunan kimia dan sifat-sifat physiknya.

Susunan Kimia Semen Portland

Untuk mengetahui susunan kimia dari semen portland dilakukan analisa kimia, dengan cara ini diperoleh persentase dari setiap oxida dan kemudian dihitung susunan ikatannya.

Pada umumnya analisa kimia menunjukan persentase dari senyawa-senyawa dan hal-hal berikut ;

Bagian yang tidak larut (dalam asam chlorida).

- Silisiumdioxida (SiO2)
- Aluminiumoxida (Al2O3)
- Kalsiumoxida (CaO)
- Ferioxida (Fe2O3)
- Magnesiumoxida (MgO)
- Sulfurtrioxoda (SO3)
- Alkali sebagai Natriumoxida (Na2O) sebagai Kaliumoxida (K2O)
- Hilang pijar.
- Kalsiumoxida bebas (CaO-bebas)

Oxida-oxida lainnya seperti phosporoxida, Titan dan Mangan tidak dianalisa, kecuali apabila secara khusus diperlukan.

Sifat-sifat Fisik Semen Portland

Kehalusan butir.
Kehalusan butiran semen mempengaruhi kecepatan hydrasi. Makin halus butiran-butiran semen, makin cepat berjalannya proses hydrasi dan makin cepat pula perkembangan kekuatan selama 7 hari pertama. Untuk mengukur kahalusan butiran semen digunakan “Turbidimeter dari Wagner ” atau ” Air Permeability meter dari Blaine “.

Semen portland dapur-tinggi

Posted: 02 Dec 2011 07:40 AM PST

Semen portland dapur-tinggi dibuat dengan cara menggiling klinker dari bahan-bahan untuk semen portland bersama-sama dengan terak yang dihasilkan oleh dapur tinggi sampai halus.

Jumlah terak dapur tinggi yang digiling tidak melebihi 65 % dari seluruh jumlah campurannya. Sifat-sifat semen dapur tinggi menyerupai sifat-sifat semen portland, perkembangan kekuatan serta daya ikatnya lambat, namun semen ini tahan terhadap serangan sulfat, sehingga dapat dipergunakan untuk pembuatan bangunan dilaut.

Semen portland dapur tinggi belum dibuat di Indonesia. Disamping itu dari terak dapur tinggi dapat di buat pula semen “Super-Sulfat” yaitu semen yang dibuat dengan menggiling sampai halus terak dapur tinggi 80 % – 85 % dan kalsium sulfat anhydrat (gips) yang telah dibakar 10 % – 15 %. Semen sulfat sangat tahan tehadap serangan garam sulfat dan asam lemah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar