Kamis, 01 Desember 2011

Artikel Kimia

Artikel Kimia


Proses Basah Pembuatan Semen Portland

Posted: 01 Dec 2011 10:44 AM PST

Proses basah pembuatan semen portland pada umumnya dilaksanakan jika yang diolah itu adalah bahan-bahan lunak seperti kapur dan lempung. Dalam hal ini dibubuhkan air pada bahan-bahah yang telah dihancurkan dan dicampurkan dalam perbandingan-perbandingan tertentu itu, sehingga diperoleh semacam bubur dari bahan-bahan mentah tersebut yang selanjutnya dimasukan kedalam sebuah oven berbentuk silinder.

Pembakaran Semen Portland

Oven terbuat dari baja dan dilapisi bahan yang sukar menjadi cair, dipasang sedikit miring kebawah dan berputar secara kontinu melalui porosnya. Pembakaran semen portland didalam oven biasanya dilaksanakan dengan menggunakan serbuk arang batu, selain itu dapat digunakan pula gas atau minyak. Oven silinder ini mempunyai diameter 3,50 m, panjang 150 m dan kapasitas 700 ton semen portland setiap hari. Bubur yang dihasilkan dimasukkan melalui bagian atas dan klinker yang dihasilkan dikeluarkan melalui bagian bawah dari oven, tempat pemasukan bahan bakar.

Dengan suhu yang sedikit demi sedikit dinaikkan, bubur mengalami perubahan demi perubahan selama perjalanannya didalam oven. Pada suhu 100°C air menguap, pada suhu kira-kira 850°C keluar karbondioxida dan pada suhu kira-kira 1400°C berlangsung permulaan perpaduan didaerah pembakaran, dimana terbentuk kalsium silikat dan kalsium aluminat dalam klinker yang dihasilkan. Selanjutnya klinker didinginkan dan kemudian digiling sambil dibubuhi 1% – 5% batu tahu (gips) sampai mencapai kehalusan butiran yang disyaratkan. Berbagai jenis semen portland dapat dibuat dengan cara merubah perbandingan-perbandingan bahan-bahan bakunya, suhu pembakaran, serta kehalusan penggilingan klinkernya.

Batu tahu dibubuhkan untuk mengontrol waktu pengikatan semen portland, sebab jika tidak, semen akan terlalu cepat mengikat untuk penggunaan biasa (umum). Untuk membuat semen khusus dapat pula ditambahkan bahan pembantu utama, Kaisium chlorida dapat ditambahkan untuk memperoleh semen portland yang cepat mengeras.

Pembuatan Semen Portland

Posted: 01 Dec 2011 07:41 AM PST

Pembuatan semen portland dilaksanakan melalui baberapa tahapan sebagai berikut ;

1. Penambangan
2. Pemecahan.
3. Penggilingan
4. Pencampuran (penggabungan)
5. Pembakaran.
6. Penggilingan
7. Penambahan bahan penghambat ikatan
8. Pengepakan

Persiapan Pembuatan Semen Portland

Semen portland dipersiapkan dengan menggiling bahan mentahnya kemudian mencampurkan bahan-bahan tersebut dalam perbandingan perbandingan tertentu, selanjutnya membakar campuran itu pada suhu tinggi sampai menjadi klinker dan menggiling klinker itu sampai menjadi serbuk halus.

Klinker terbentuk dengan cara penebaran (pemencaran) antara butirbutir yang telah dicampurkan, oleh karena itu cara pencampuran bahanbahan baku yang diperlukan harus dilaksanakan dengan seksama agar dihasilkan semen yang seragam.

Pembuatan Semen portland dapat dilakukan dengan dua cara yaitu, pembuatan semen portland cara basah dan pembuatan semen portland cara kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar