Kamis, 05 April 2012

Artikel Kimia

Artikel Kimia


10 Fakta Tentang Unsur Kalsium (Ca)

Posted: 27 Mar 2012 08:30 PM PDT

10 Fakta Tentang Unsur Kalsium (Ca)

Kalsium adalah salah satu unsur yang Anda butuhkan untuk hidup, jadi ada baiknya mengetahui sedikit tentang hal itu.Berikut adalah beberapa fakta singkat tentang elemen kalsium.Anda dapat menemukan fakta-fakta lebih banyak kalsium pada halaman fakta kalsium di chemistry.about.com.

  1. Kalsium tidak ditemukan bebas di alam, tetapi dapat dimurnikan menjadi logam alkali tanah yang putih lembut  keperakan.
  2. Kalsium adalah unsur ke-5 yang paling melimpah di kerak bumi, keberadaannya dilautan dan tanah sekitar 3%.
    Unsur ini penting untuk hewan (juga manusia tentunya) dan nutrisi tanaman.
  3. Kalsium berperan dalam reaksi biokimia, termasuk membangun sistem rangka dan otot.
    Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium oleh tubuh manusia. Vitamin D diubah menjadi hormon yang menyebabkan protein usus yang bertanggung jawab untuk penyerapan kalsium untuk diproduksi.
  4. Kalsium dan senyawanya dianggap tidak beracun, terlalu banyak menelan kalsium karbonat sebagai suplemen diet atau antasida dapat menyebabkan "milk-alkali syndrome", yang berhubungan dengan hypercalcemia yang kadang-kadang menyebabkan kegagalan fatal ginjal.
  5. Konsumsi berlebihan untuk karbonat kalsium adalah 10 g/hari, meskipun gejala nya telah dilaporkan pada saat menelan sedikitnya 2,5 g kalsium karbonat setiap hari. Jadi jangan terlalu banyak mengosumsinya yah.
  6. Kalsium digunakan untuk pembuatan semen, pembuatan keju, mengeluarkan kotoran non-logam dari paduan, dan sebagai agen pereduksi dalam preparasi logam lainnya.
  7. Logam kalsium murni bereaksi hebat dengan air dan asam.
  8. Nama elemen "kalsium" berasal dari "calcis" bahasa Latin yang berarti "kapur".
  9. Kalsium sudah dikenal sejak abad ke-1, ketika Roma kuno mengenalnya untuk membuat kapur dari oksida kalsium.
  10. Meskipun kalsium telah dikenal selama ribuan tahun, tidak dimurnikan sebagai unsur sampai tahun 1808 oleh Sir Humphrey Davy (Inggris).

sumber: urip.wordpress.com

10 Fakta Tentang Unsur Kalsium (Ca)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar